Monday, November 29, 2010 03:30 AM

Sebelum dan Sesudah Operasi Plastik

Operasi plastik adalah sebuah operasi yang ditujukan untuk merekonstruksi bentuk fisik seseorang, atas pertimbangan medis atau estetika. Pada prakteknya, pasien bedah plastik justru lebih banyak berasal dari kalangan yang merasa bentuk dan struktur bagian tubuh mereka kurang sesuai dengan standar estetis yang mereka buat sendiri. Berbicara masalah operasi plastik, masih banyak pasien yang kurang tahu (atau bahkan tidak tahu) apa yang seharusnya dilakukan sebelum dan sesudah operasi plastik.

Ada dua hal pokok yaitu menyangkut diri sendiri dan menyangkut operator pada saat operasi dilaksanakan. Tentang hal yang menyangkut diri sendiri, pasien harus menyiapkan kondisi fisik sebaik-baiknya. Kontrol ke dokter dan memberitahukan segala macam jenis perawatan kesehatan yang sedang dijalani pada dokter bedah plastik adalah hal mutlak yang harus dilakukan.

Sebagai contoh, ada beberapa pasien yang mengalami gangguan pada sistem peredaran darah mereka. Oleh ahli penyakit dalam, mereka diharuskan mengkonsumsi obat pengencer darah secara rutin. Padahal, operasi plastik justru mengharuskan mereka menghentikan konsumsi pengencer darah tersebut karena bisa mengakibatkan pendarahan pada saat operasi.

Hal semacam ini wajib dikomunikasikan secara jelas sebelum operasi plastik dilaksanakan. Hal kedua yang harus dilakukan adalah mengecek kapabilitas dan legalitas dokter serta klinik bedah plastik. Pasien tidak boleh terpikat oleh murahnya harga dan mengabaikan sisi keamanan mereka sendiri. Pengecekan ulang, serta penggalian banyak informasi tentang dokter dan klinik adalah sesuatu yang wajar dan harus dilakukan.

Lantas, apa yang harus dilakukan sesudah operasi plastik selesai dilakukan? Satu hal yang pasti harus dilakukan adalah memastikan semua prosedur penyembuhan dapat dilakukan dengan baik. Bagaimanapun, luka sayatan operasi plastik akan terasa sakit, dan metode penyembuhan yang tepat adalah solusi paling pas. Menghindari aktivitas fisik yang keras juga sangat dianjurkan. Meskipun begitu, pasien tetap harus menjalani aktivitas normal untuk menghindari terjadinya penggumpalan darah.

Buat sebagian orang, aktivitas latihan di gym adalah aktivitas normal. Akan tetapi, sepertinya aktivitas seperti ini harus dihentikan untuk sementara waktu. Harus diakui, pasca operasi adalah tahap terberat. Mengingat operasi plastik berkaitan dengan kecantikan wanita, maka mau tidak mau, pasien tersebut harus bersabar menunggu proses kesembuhannya sendiri. Tanpa kesabaran, kecantikan wanita yang diinginkan boleh jadi tidak akan didapatkan.

Leave a Reply

blog

Dapatkan Kabar terbaru Via E-Mail!

Masukan Alamat E-Mail :


PRIVACY POLICY AhliBedahPlastik.com